FUNGSI IF PADA LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL
Fungsi rumus IF sendiri merupakan suatu nilai ataupun kondisi dimana dapat mengevaluasi TRUE (benar) jika sesuai dengan logical yang diterapkan sedangkan FALSE (salah) apabila tidak sesuai dengan logical test.
Sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.
Berikut
adalah cara penggunaan rumus fungsi IF di Microsoft Excel :
1. Langkah pertama anda dapat membuka
program Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat
membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus
atau tidak lulus.
2. Setelah itu anda dapat memasukan
rumus logika, misalnya akan menerapkan suatau kondisi dimana siswa yang
mendapatkan nilai diatas 7 maka dinyatakan ‘LULUS’ sedangkan siswa yang
mendapatkan nilai dibawah 7 maka dinyatakan ‘TIDAK LULUS’, maka untuk
permasalahan seperti itu anda dapat membuat contoh logika simpel
=IF(D3>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
3. Sedangkan apabila anda memiliki dua
data, misalnya saja pada laporan belajar siswa, yang didalam laporan
terdapat dua nilai, yaitu nilai UTS dan nialai UAS, dan anda ingin
mencari nilai rata – rata niali tersebut dan yang memiliki niali rata –
rata diatas 7 dinyatakan lulus. Maka anda dapat menggunakan rumus
seperti ini =IF((D3+E3)/2>=69,”LULUS”,”TIDAK LULUS”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar