Kamis, 11 Juni 2015

FUNGSI IF PADA LEMBAR KERJA MICROSOFT EXCEL 
          

            Fungsi rumus IF sendiri merupakan suatu nilai ataupun kondisi dimana dapat mengevaluasi TRUE (benar) jika sesuai dengan logical yang diterapkan sedangkan FALSE (salah) apabila tidak sesuai dengan logical test.
            Sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.

Berikut adalah cara penggunaan rumus fungsi IF di Microsoft Excel :
1. Langkah pertama anda dapat membuka program Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus.

2. Setelah itu anda dapat memasukan rumus logika, misalnya akan menerapkan suatau kondisi dimana siswa yang mendapatkan nilai diatas 7 maka dinyatakan ‘LULUS’ sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah 7 maka dinyatakan ‘TIDAK LULUS’, maka untuk permasalahan seperti itu anda dapat membuat contoh logika simpel =IF(D3>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”)
Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

3. Sedangkan apabila anda memiliki dua data, misalnya saja pada laporan belajar siswa, yang didalam laporan terdapat dua nilai, yaitu nilai UTS dan nialai UAS, dan anda ingin mencari nilai rata – rata niali tersebut dan yang memiliki niali rata – rata diatas 7 dinyatakan lulus. Maka anda dapat menggunakan rumus seperti ini =IF((D3+E3)/2>=69,”LULUS”,”TIDAK LULUS”
Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar